Mendorong semangat kolaborasi dan kreativitas di kalangan mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (Himateta) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya berkolaborasi dengan Sounds of Downtown (SOD) Festival menggelar sharing session bertajuk ‘Kolaborasi, Kreativitas, dan Karier dalam Event’. Acara yang menghadirkan Co-Founder sekaligus Chief Marketing Officer (CMO) SOD Group tersebut berlangsung di Auditorium Gedung Soeparman Hadipranoto Untag Surabaya, (10/6/2025).
Pembina Himateta Untag Surabaya – Lutfi Agung Swarga, S.T., M.T., menyambut hangat kehadiran perwakilan dari SOD Group dalam acara tersebut. “Selamat datang di Kampus Merah Putih, kampus Nasionalis Untag Surabaya. Untag Surabaya tidak seperti dengan kampus lain, kami selalu mengumandangkan lagu Indonesia Raya dengan tiga stanza di awal setiap kegiatan untuk meningkatkan nasionalisme mahasiswa,” ujarnya.
Selain itu, Lutfi juga berharap para peserta dalam acara ini mendapatkan ilmu yang bermanfaat terkait merencanakan sebuah event. “Semoga kegiatan ini tidak sekadar menjadi ajang diskusi sesaat, namun dapat memberikan dampak nyata bagi pengembangan keterampilan mahasiswa,” harapnya.
Pada kesempatan tersebut, Yoshel memperkenalkan SOD Festival sebagai festival internasional multi-genre terbesar di Surabaya. “Setiap volume, kami selalu menghadirkan musisi internasional, nasional, hingga musisi-musisi lokal. Karena itu, setiap volume selalu memiliki cerita dan warna yang berbeda,” ungkap Co-Founder SOD Group itu.
Dalam sesi pemaparannya, Yoshel menekankan bahwa perencanaan sebuah event tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Menurutnya, tahap awal yang krusial adalah membangun konsep yang matang serta menyusun program kerja yang terstruktur. “Proses ini memerlukan analisis mendalam terhadap beberapa aspek penting. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah segmentation, targeting, differentiation, dan positioning. Keempat hal ini menjadi dasar dalam menyusun strategi agar event yang dirancang memiliki arah yang jelas dan sesuai dengan audiens yang dituju,” jelasnya.
Yoshel juga mengatakan bahwa setiap event harus mampu menyampaikan cerita yang unik dan menarik kepada masyarakat. Menurutnya, kekuatan cerita menjadi salah satu faktor penting dalam membangun daya tarik sebuah acara. “Salah satu hal yang tak kalah penting adalah unique storytelling point. Ketika produk kalian memiliki cerita yang kuat dan berbeda, proses promosi kepada pasar akan jauh lebih mudah,” paparnya.
Tak hanya sesi pemaparan materi dan diskusi, acara ini juga dimeriahkan dengan pembagian tiket gratis dari SOD Group kepada tiga peserta paling aktif. Selain itu, pada area selasar lantai sembilan Gedung Soeparman Hadipranoto, turut dipamerkan berbagai karya alat dari mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Elektro sebagai bentuk apresiasi terhadap inovasi dan kreativitas mahasiswa. (vs/rz)