logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya

Detail Berita

Pakan Lele dari Limbah Darah Ayam Broiler, Mahasiswa Untag Surabaya Berhasil Lolos Pendanaan PKM 202

Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya kembali mencatatkan prestasi pada bidang akademik melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Sebanyak dua puluh lima mahasiswa Untag Surabaya yang tergabung dalam enam tim berhasil lolos pendanaan berdasarkan surat nomor 2546/E2/DT.01.00/2024 salah satunya tim dari mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Industri - Moch Isabil Liwaq dengan judul ORFISH: Meningkatkan Produktivitas dan Keberlanjutan Peternakan Lele melalui Pakan Organik Berbasis Limbah Darah Ayam Broiler.

Saat ditemui dalam sesi wawancara pada Rabu, (24/4), mahasiswa yang akrab disapa Isa ini mengatakan gagasan proposal yang diusung bertujuan untuk membantu peternak lele menemukan harga pakan yang terjangkau. "Ide proposal Kami ini berangkat dari keresahan peternak lele yang tidak bisa mencukupi nutrisi ternaknya akibat biaya pakan yang mahal. Maka dari itu kami berharap melalui limbah tersebut dapat membantu para peternak lele mendapatkan pakan yang berkualitas namun dengan harga yang terjangkau," ujar mahasiswa semester empat itu.

Dalam pelaksanaannya, Isa bersama timnya yang terdiri dari mahasiswa Prodi Teknik Industri - Agatha Hannabel Avnanta Puteri dan Dharu Zastia Priyangga, serta mahasiswa Prodi Sistem dan Teknologi Informasi (Sistekin) - Jastifen Elliot Setyo Mulyono menargetkan program ini mampu menjadi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bagi masyarakat. "Tentunya kami berharap agar program ini berhasil dan dapat menjadi ide UMKM, sehingga membuka peluang kerja bagi masyarakat sekitar," lanjutnya.

Isa juga menambahkan akan sering mengadakan rapat bersama tim untuk membahas strategi pelaksanaan dan mempersiapkan hal lain yang diperlukan. "Hal utama yang akan sering kami lakukan adalah bertemu untuk diskusi baik secara langsung maupun daring melalui zoom atau chat grup untuk rapat persiapan dan mengevaluasi kegiatan. Harapannya kami bisa menyelesaikan dengan tepat waktu sesuai yang diberikan Dikti," imbuhnya.Sebagai Dosen Pembimbing, Dr. Jaka Purnama, S.T., M.T mengapresiasi para mahasiswanya yang berhasil lolos pendanaan PKM tahun ini. "Alhamdulillah kami senang karena hal ini dapat memacu semangat para mahasiswa lain untuk turut serta mengikuti program seperti ini," terang Dr. Jaka.

Dr. Jaka juga mengajak para mahasiswa untuk aktif mencari informasi baik dari Prodi maupun Universitas. Selain itu, dukungan dari dosen juga perl untuk memacu kreativitas mahasiswa. "Banyak sekali potensi dari mahasiswa kita yang bisa digali dengan mengikuti program-program yang dibuat oleh Pemerintah. Maka dari itu, perlu juga dorongan dari dosen, Prodi dan Universitas untuk memacu kreativitas mahasiswa," pungkasnya. (iy/oy/rz)

 

Sumber: https://untag-sby.ac.id/web/beritadetail/gagas-inovasi-pakan-lele-dari-limbah-darah-ayam-broiler-mahasiswa-untag-surabaya-berhasil-lolos-pendanaan-pkm-tahun-2024.html



PDF WORD PPT TXT