logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya

Detail Berita

Tawarkan Inovasi Piring dari Daun Jati, Mahasiswa Administrasi Bisnis Lolos Bantuan P2MW 2024

Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) adalah program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya secara konsisten mendorong mahasiswa untuk mengikutinya. Di tahun 2024 ini, sebanyak enam belas wirausaha muda Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya tergabung dalam empat tim berhasil lolos, salah satunya datang dari kelompok yang diketuai oleh mahasiswa Program Studi (Prodi) Administrasi Bisnis – Bacellia Yolanda Bombaa.

Mengusung judul pengembangan usaha pada kategori manufaktur dan teknologi terapan ‘JECOWARE : Piring Estetik Ramah Lingkungan Berbahan Dasar Daun Jati dan Kardus Bekas’, Bacellia bersama dengan anggota kelompoknya yang terdiri dari tiga mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis lainnya yakni Zefanya Caesy Panjaitan, Irine Putri Ivana dan Fashya Khoerunnisa ingin memaksimalkan manfaat dari tanaman pohon jati dengan melalui pembuatan piring ramah lingkungan. “Dari beberapa tahun yang lalu kami telah menyadari bahwa banyak piring yang terbuat dari bahan seperti kaca, plastik, atau kardus yang tidak ramah lingkungan. Oleh karena itu, kami menyajikan inovasi baru yang menggunakan daun jati sebagai bahan dasarnya," ujar Bacellia saat diwawancarai.

Lebih lanjut, Bacellia mengungkapkan bahwa saat ini kebanyakan pohon jati hanya memanfaatkan bagian batangnya, sementara bagian daunnya juga memiliki banyak manfaat. "Kami sering menemukan daun jati dibuang, sehingga melalui inovasi ini kami ingin menunjukkan bahwa seluruh bagian dari daun jati dapat dimanfaatkan," tambahnya.

Bacellia juga memberikan semangat dan pesan kepada tim P2MW Untag Surabaya yang belum berhasil lolos. "Dulu saya juga pernah mencoba untuk ikut P2MW namun baru berhasil pada tahun ini. Menurut saya, semua ide itu bagus, jadi harus terus mencoba. Never give up!" pintanya.

Sementara itu, turut terlibat Dosen pembimbing – Dra. Awin Mulyati, M.M. yang mengatakan, keempat mahasiswa ini memiliki semangat yang tinggi. Mulai dari proses penyusunan proposal yang dilakukan dengan efektif dan efisien, hingga mereka mampu memberikan yang terbaik dalam penyusunan proposal mereka. "Karena mereka kompak sejak awal, motivasinya tinggi, dan mereka tekun, rajin dalam mengikuti bimbingan, hasilnya pun bisa membanggakan," ungkapnya. (wf/oy/rz)

 

Sumber: https://untag-sby.ac.id/web/beritadetail/tawarkan-inovasi-piring-dari-daun-jati-mahasiswa-administrasi-bisnis-lolos-bantuan-p2mw-2024.html



PDF WORD PPT TXT